Kamis, 02 Februari 2012

Tetep Bangga Biarpun Oops!!!

   Waktu lagi main fb, teman saya Mb Indri ngasih link ke kampung fiksi dan ngajakin ikut J50K.  Setelah berkunjung dan lihat-lihat kampung fiksi, sayapun langsung ikut.  Padahal waktu itu sudah tanggal 29, jadi tinggal 2 hari lagi.  Blog lama juga entah kemana, akhirnya musti bikin blog baru.  Itupun masih ditambah belum tahu mau bikin cerita apa.
Setelah melalui pertimbangan ini itu, akhirnya aku putuskan merealisasikan cerita yang sudah mengendap di kepalaku dalam waktu lama.  Sebenarnya dari dulu saya bercita-cita untuk menjadi penerus Pak Ahmad Tohari.  Pengennya bikin cerita soal budaya Banyumas gitu.  Dulu sempat bingung apa yang mau diceritakan.  Tapi setelah melihat diri sendiri, ide itupun timbul.  Ibu saya sendiri seorang perias pengantin, dan sehari-hari saya sering membantunya merias.  Bukahkan pengantin tradisional juga berkaitan dengan budaya?  Dari sana timbullah niat menuliskan sebuah cerita yang berkaitan dengan dunia rias pengantin.  Tapi baru sebatas niat.
Sayangnya meski dari dulu pingin bikin cerita tentang dunia pengantin adat jawa, tapi toh tulisan itu belum juga direalisasikan sampai waktu yang bikin berkarat. Dengan alasan nulis cerita macam Pak Ahmad Tohari itu mayan susah dan butuh banyak latihan, saya pun mengampuni diri sendiri untuk memulainya lain waktu saja.  Sebagai permulaan sayapun memilih menuntaskan obsesi saya akan teenlit (obsesi masa SMA) dengan menulis novel berjudul norak "Gebetanku Persis Bintang K-Pop."  Penasaran dengan jarak 50 kilokata itu seberapa, saya sempat nengok novel saya.  Hasilnya, saya pun terperangah, terpana dan ternganga.  Ternyata novel yang saya tulis di sela-sela skripsi, dan menghabiskan waktu lebih dari setahun, hanya berjumlah 30 rubuan kata getohh.... Oh mai God, ini suruh nulis 50 rubu dalam sebulan. Btw Novel teenlit saya sudah mencapai  kesuksesan luar biasa dengan didepak penerbit gagas. Huahaha...

Gara-gara nulis teenlit, sayapun jadi rada kagok buat mulai menulis cerita sastra.  Dan di ajang J50K, akhirnya saya menekatkan diri untuk mencebur pada cerita yang telah tertimbun beberapa tahun belakangan  di pikiran saya.  Tanpa kerangka, tanpa babibu, saya pun langsung tancap gas.  Hasilnya cerita saya sering macet.  Malah pernah beberapa hari saya menganggurkan microssoft word dan memilih bermain di dramacrazy.net.  Pernah juga beberapa hari saya diary (baca: diare), masuk angin dll.

Satu hal yang pasti, salut banget sama teman-teman J50K yang w!n.  Saya sebagai golongan Oops angkat empat jempol deh buat kalian.  Tapi biarpun Oops, saya tetep bangga sudah menjadi bagian dari J50K.  Setidaknya saya jadi mulai mencoba merealisasikan ide cerita lama saya di sini.  Biarpun nyampe sekarang lom kelar. huhuhu...#nangis-nangis ngesot#

4 komentar:

  1. Malah pernah beberapa hari saya menganggurkan microssoft word dan memilih bermain di dramacrazy.net.

    *toss* untuk sesama Oops-er yang juga hobi nge-game, ahahaha.. tapi kalo gua mainnya game Farm Town di FB :p

    BalasHapus
  2. kl saya nonton drama di dramacrazy mba, hehe..........

    BalasHapus
  3. Ohh.. bukan game yaa? Hahahaha.. drama apaan yang ada di sana? Korea? Jepang? Ada yang bagus and mau direkomendasiin ngga? :D Tapi kalo bisa sih jangan yang serinya panjang2 yaa, hahahaha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. drama asia mba: jepang, korea, taiwan, cina, hongkong. kl yg lg hot drama kolosal the moon that embraces the sun. dramany msh dputer d korea, dn ratingny paling tinggi. tp y itu, lom kelar, hehe.. trus kliatany seriny mayan panjang. d dramacrazy br 10 episode.

      Hapus